Kembali ke Asaljeplak.com

Tugas dan Tanggung Jawab Administrative Clerk

tugas-administrative-clerk

Sebarkan Lowongan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab Administrative Clerk supaya kamu dapat semakin memahami mengenai jabatan dan posisi yang dimaksud.

Ketika kita ingin melamar pekerjaan, umumnya kita akan dihadapkan dengan beragam lowongan untuk berbagai posisi atau jabatan, yang terkadang istilahnya membingungkan, atau deskripsi, lingkup, tugas, dan tanggung jawab pekerjaannya masih belum kita pahami.

Misalnya adalah untuk posisi atau jabatan Administrative Clerk yang akan kami bahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Agar dapat mempermudah dalam memahami hal tersebut, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tugas dam tanggung jawab Administrative Clerk mulai dari penjelasan tentang jabatan itu secara umum, hingga beberapa contoh tugas yang biasa dilakukan pada posisi atau jabatan tersebut.

Deskripsi Pekerjaan Administrative Clerk

Pekerjaan Administrative Clerck adalah melakukan tugas administratif untuk membantu karyawan fokus pada lebih banyak hal terkait tujuan utama perusahaan, termasuk menghubungi klien melalui telepon atau email, mengatur dan menyimpan file agar karyawan dapat dengan mudah merujuk dan menyimpan inventaris perlengkapan kantor.

Tugas dan Tanggung Jawab Administrative Clerk

Tanggung jawab seorang Administrative Clerck tergantung pada bidang usaha dari pemilik usaha atau pimpinan, yang mana pemilik dapat mempekerjakan kandidat untuk melakukan tugas-tugas seperti memasukkan data dan menyiapkan serta memproses dokumen kantor. Berikut adalah contoh tugas Administrative Clerck:

  • Menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan informasi, menerima dan memproses pesanan, serta menangani keluhan
  • Menjawab panggilan telepon dan menelepon pelanggan dan vendor untuk menindaklanjuti janji temu dan pengiriman
  • Menyusun, memelihara, dan memperbarui catatan perusahaan
  • Mengelola inventaris kantor dan bekerja dengan vendor untuk memastikan pasokan bahan kantor secara teratur
  • Menyiapkan janji temu, menjadwalkan rapat, mendistribusikan laporan, dan mengelola korespondensi antara kantor dan badan eksternal
  • Menyusun dan memelihara catatan transaksi bisnis kantor
  • Pelatihan, orientasi, dan pengawasan staf administrasi junior
  • Mengoperasikan peralatan kantor termasuk printer, mesin fotokopi, mesin faks dan instrumen multimedia