Kembali ke Asaljeplak.com

Tugas dan Tanggung Jawab Accounting Clerk

tugas-accounting-clerk

Sebarkan Lowongan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Kali ini akan kami berikan tanggung jawab dan tugas Accounting Clerk supaya kamu dapat semakin mengerti tentang jabatan yang dimaksud.

Saat kita ingin melamar suatu pekerjaan, umumnya kita akan melihat berbagai lowongan untuk beragam posisi atau jabatan, yang terkadang istilahnya membingungkan, atau deskripsi, lingkup, tugas, dan tanggung jawab pekerjaannya masih kurang kita pahami.

Misalnya adalah untuk posisi atau jabatan Accounting Clerk yang akan kami bahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Supaya dapat mempermudah dalam memahami hal itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tugas dam tanggung jawab Accounting Clerk mulai dari penjelasan tentang jabatan itu secara umum, hingga beberapa contoh tugas yang biasa dilakukan pada posisi atau jabatan tersebut.

Deskripsi Pekerjaan Accounting Clerk

Seorang Accounting Clerk (Accounting Staff atau Petugas Pembukuan) bertanggung jawab untuk mengelola catatan keuangan, membuat laporan untuk manajemen dan mencatat berbagai transaksi keuangan, tergantung pada bisnis yang mereka dukung. Tugas mereka termasuk menawarkan bantuan administrasi dan pembukuan kepada Akuntan, menyiapkan laporan keuangan dan mengkonfirmasi keakuratan informasi basis data akuntansi.

Tugas dan Tanggung Jawab Accounting Clerk

Tanggung jawab Accounting Clerk seringkali berbeda-beda berdasarkan tingkat pengalaman mereka. Petugas Akuntansi di tingkat awal dapat menentukan biaya bunga, menjumlahkan rekening dan memposting rincian transaksi termasuk jumlah, jenis dan tanggal. Mereka juga dapat bertanggung jawab untuk memantau akun dan pinjaman untuk memastikan pembayaran lancar. Staf Akuntansi yang lebih berpengalaman dapat membuat kode dokumen sesuai dengan prosedur organisasi, memastikan data akun akurat dan lengkap serta menambah dan menyeimbangkan voucher tagihan. Tugas dan tanggung jawab tambahan dapat mencakup:

  • Menggunakan basis data pembukuan, spreadsheet, dan perangkat lunak
  • Memposting transaksi keuangan menggunakan perangkat lunak komputer yang sesuai
  • Menerima dan mencatat voucher, uang tunai dan cek
  • Memasukkan debit dan kredit ke dalam aplikasi perangkat lunak dan database secara akurat
  • Menyusun dan membuat berbagai laporan termasuk laporan laba rugi dan neraca
  • Memeriksa keakuratan laporan, angka, dan postingan
  • Rekonsiliasi dan melaporkan setiap perbedaan yang ditemukan dalam catatan