Kembali ke Asaljeplak.com

Tugas dan Tanggung Jawab Accountant / Akuntan

tugas-accountant-akuntan

Sebarkan Lowongan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Berikut adalah tanggung jawab dan tugas Accountant / Akuntan agar kamu semakin mengerti mengenai posisi atau jabatan tersebut.

Saat kita akan melamar pekerjaan, tentunya kita akan dihadapkan dengan beragam lowongan untuk beragam posisi atau jabatan, yang terkadang istilahnya membingungkan, atau deskripsi, lingkup, tugas, dan tanggung jawab pekerjaannya masih belum kita pahami.

Salah satunya adalah untuk posisi atau jabatan Accountant / Akuntan yang akan kami bahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Agar dapat mempermudah dalam memahami hal tersebut, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tugas dam tanggung jawab Accountant / Akuntan mulai dari penjelasan tentang jabatan itu secara umum, hingga beberapa contoh tugas yang biasa dilakukan pada posisi atau jabatan tersebut.

Deskripsi Pekerjaan Accountant / Akuntan

Seorang Akuntan atau Accountant bertanggung jawab atas pengelolaan dan pelaporan data keuangan suatu organisasi. Tugas mereka termasuk menyiapkan laporan keuangan, memeriksa dan menganalisis akun perusahaan dan memastikan kepatuhan dengan pelaporan keuangan dan prosedur akuntansi standar lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Accountant / Akuntan

Akuntan menyiapkan dan memeriksa catatan keuangan, memastikan catatan akurat dan pajak dibayar. Berbagai jenis tugas dan tanggung jawab Akuntan dapat mencakup hal-hal berikut:

  • Merekonsiliasi laporan bank dan buku besar pembukuan perusahaan 
  • Menyelesaikan analisis pengeluaran karyawan
  • Mengelola akun pendapatan dan pengeluaran
  • Membuat laporan keuangan perusahaan menggunakan data pemasukan dan pengeluaran
  • Mengecek keuangan perusahaan berdasarkan status keuangan
  • Mengajukan dan menyetorkan pajak dan kewajiban keuangan lainnya
  • Memulai dan mengelola perangkat lunak keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan